BLOG IKATAN ALUMNI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 1988 – MEDIA BERBAGI UNTUK MEMBANGUN NEGERI

Search This Blog

Sunday, November 8, 2009

ARTIKEL AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENGUKURAN HASIL BELAJAR

1. Measurement Model in Managerial Accounting Test

PERBANDINGAN PENGUKURAN HASIL TES MAHASISWA

TEORI KLASIK DAN TEORI MODERN: STUDI KASUS PADA

MATA KULIAH AKUNTANSI MENAJEMEN

Oleh : Sukirno DS

JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Http://blog.uny.ac.id/sukirno/

Abstrak

Masalah pengukuran hasil belajar tidak kalah pentingnya dengan masalah seleksi calon mahasiswa dan proses belajar mengajar. Ada dua teori yang dapat digunakan dalam pengukuran hasil belajar mahasiswa, yaitu teori tes klasik dan teori moderen atau teori respon butir. Kedua teori tes itu memiliki keunggulan dan kelemahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengukuran hasil tes pilihan ganda mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Manajemen dengan menggunakan parameter indeks daya beda dan indeks kesukaran butir.

Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian descriptive developmental, karena bertujuan mengungkap dan mengembangkan sebuah alat ukur prestasi formatif. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester V Jurusan Pendidikan Akuntansi angkatan 2003 yang mengambil mata kuliah Akuntansi Manajemen. Instrumen tes yang digunakan berupa tes pilihan ganda dengan empat alternatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kasus dengan analisis grafik dan statistik. Untuk membantu proses penganalisisan data digunakan program ITEMAN, BILOG, MS EXCEL, dan SPSS.

Berdasarkan hasil analisis butir tes diperoleh kesimpulan 1) ada perbedaan (gerakan perubahan tidak searah) antara tingkat kesulitan pada MT dan CT yang dibuktikan secara statistik dengan skor korelasi sebesar -0,814 dengan taraf signifikansi 0,000. 2) Tidak terdapat perbedaan pola perubahan indeks daya beda butir antara MT dan CT. Hal itu diyakinkan lagi dengan nilai korelasi sebesar 0,900 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. 3) Terdapat perbedaan pola hubungan daya beda butir dengan tingkat kesulitan secara grafik maupun secara statistik antara MT dan CT. Pada MT terdapat hubungan negatif sangat tinggi dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar -0,814 sigfikan pada 0,000 yang berarti pola hubungan ini sesuai dengan teori. Sedangkan pada CT tidak terdapat hubungan yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,262 (biserial) dan 0,288 (point biserial) dengan tingkat sigfikansi 0,162 dan 0,122 yang berarti pula pola hubungan ini tidak sesuai dengan teori. 4) Ada perbedaan (gerakan perubahan tidak searah) antara pengukuran hasil tes mahasiswa pada MT dan CT secara grafik, namun demikian secara statistik tidak terdapat perbedaan pengukuran hasil tes mahasiswa antara kedua teori. Hal ini dibuktikan dengan skor korelasi sebesar 0,927 dengan taraf signifikansi 0,000.

Kata kunci : perbandingan pengukuran hasil tes, teori klasik, teori respon butir, akuntansi manajemen



BERIKUT LINK UNTUK DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAPNYA: http://miss.sg/ASYT


2. An Agency Theory View

THE RELATIONSHIP BETWEEN GOD AND MANKIND

IN RAMADHAN MONTH : AN AGENCY THEORY REVIEW

By : Sukirno D.S.

JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Http://blog.uny.ac.id/sukirno/


Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi dan menguji eksistensi hubungan manusia dan Tuhan pada bulan Ramadhan dari perspektif agency theory. Dalam waktu demikian, permasalahan dapatlah muncul di mana agen (manusia) berusaha memaksimalisasi kepentingan pribadinya tanpa peduli dengan kepentingan prinsipal (Tuhan) yaitu perintah berpuasa agar manusia mencapai derajat ketaqwaan. Permasalahan yang muncul dapat berupa keputusan yang berlawanan dengan perintah prinsipal (adverse selection) maupun munculnya perilaku berpura-pura puasa (moral hazard).

Oleh karena itu, untuk memurnikan kembali niat dan hakekat manusia sebagai hamba, Tuhan memberikan kompensasi berlipat (pahala) di bulan Ramadhan, membelenggu seluruh pengganggu, menurunkan malam kemuliaan, dan menurunkan malaikat untuk menebar rahmat. Di samping itu, Tuhan mengutus dua pengawas melekat yang super hebat (Roqib dan Atid), serta adanya kontrak hidup manusia yang tersurat dalam takdir. Semuanya tersirat dan tersurat dalam Al Quran dan Al Hadith.


BERIKUT LINK UNTUK DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAPNYA: http://miss.sg/ASYT


1 comment:

  1. Mampirr, slm knal yaaa... please follow me dan aq jga akan follow u, tq... Tar aq psg link u di Friends' Links aq... tq

    ReplyDelete

KOMENTAR ANDA


ShoutMix chat widget
KEBUMEN: RIANINGSIH - SITI KHOMSATUN - ARIFIN QUSOSI ; SIDOARJO: JUMIATI ; YOGYAKARTA: SUKIRNO DS – ISMUNARDI - ISWANTO - ARIS PURWANTINAH - SUPRIYONO - ABADI BAGUS S ; GUNUNGKIDUL: WAHYU SUKOCO – SUNARYANTO - CH ASTI PURWAKARINI ; BOGOR: R. AGUS SRIYANTO - SUBANU ; PURWOREJO: HERRY KURNIADI – PUJI RAHARJO SETYO UTOMO - SUCI ; MAGELANG: ARIFIN STYANTO - WK ANNA C. ; JAKARTA: CONNY AGUSTINAWATI - SUPRIYANTO ; KLATEN: YUNAN HELMI S – MUH. MUTTAQIN - SUHARTO - SRI REJEKI ; BLORA: SUKARTI ; BOYOLALI: SURATMIN ; AJIBARANG: SETYOWATI ; PURBALINGGA: FAJAR MUJI S - ISMALINA - EDDY SUNGKOWO ; TEGAL: WIGIT MARSETO A ; TUBAN: AMINUDDIN ; NGAWI: SUWITRI ; CILEGON: SUSILOWATI - SUSILO HANDAYANI - NINING

CHATTING